31/08/16

Buku-Buku paling mengesankan



Setelah beberapa minggu lalu saya share tentang film-film paling mengesankan, sebagai penghobi baca, saatnya kali ini saya akan share mengenai buku-buku yang paling mengesankan (versi saya) lewat blog ini. Buku apa saja itu? simak !

1.       Gone Girl
Saat aku memikirkan istriku, aku selalu memikirkan kepalanya. Kubayangkan memecahkan tengkoraknya yang indah, mencopot otaknya dan mencari jawaban, pertanyaan penting dalam semua pernikahan. Bercerita tentang Penikahan Amy dan Nick yang berada pada kondisi terbawahnya. Suatu hari Amy menghilang dan semua bukti mengarah pada Nick. Menempatkan Gone Girl pada posisi pertama bukan tanpa alasan, Gillian flynn melalui buku ini mampu memberikan twist memukau. Bukan cuma satu, tapi berlapis-lapis dan tak tertebak. Buku paling membuat saya mengumpat “Brengsek” berkali-kali. Lewat buku ini, saya berpikir, kadang melihat suatu kasus lewat dua sisi pun tak cukup, Baik Amy maupun Nick sama-sama “kampretnya”, saya tak bisa harus berada pada posisi (mendukung) siapa, saya tidak tau siapa yang antagonis maupun protagonis. Nick terlalu bajingan dan  Amy terlalu kejam.

2.       Kumpulan Budak Setan
Buku ini merupakan buku kumpulan cerpen karya Eka kurniawan, Intan Paramaditha dan Urogon Prasad. Mengangkat tema-tema karya Abdullah harahap (Penulis horor populer 1970-1980),- Balas dendam, seks, pembunuhan, arwah penasaran, dll. Buku ini ditulis dengan diksi yang nyantai ngalir banget, pembaca akan diajak merasakan kembali sensasi karya maestro, abdullah harahap. Jika harus memilih 3 cerpen paling saya sukai adalah : Goyang penasaran, si manis & lelaki ke tujuh, Pisau dan Hidung iblis.  Eh itu empat coeq!
3.       Perahu Kertas
Ya, setelah otak diotak-atik oleh Dewi lestari melalui karyanya bertajuk Supernova, Dee-begitu ia disapa-  meluncurkan perahu kertas sebagai sastra remaja yang mampu membolak-balikkan perasaan. Lewat perahu kertas, Dee mengajak kita masuk ke dalam dunia Kugy dan Keenan yang “Wafer” sekali. Renyah, berlapis-lapis dan tentu saja  gurih! *Eaaakk

4.       Katarsis
“SAKIT!” satu kata yang mampu menggambarkan betapa gila buku karangan Anastasia aemilia ini, bercerita tentang Tara johandi-gadis delapan belas tahun yang ditemukan sekarat dalam kotak perkakas- bersama keluarganya yang meninggal secara naas. Melalui Katarsis kita akan diajak menyelami dan melihat kehidupan Tara dan lingkungannya melalui sisi pandang  yang kelam.

5.       Bidadari-bidadari Surga
Tentang perjuangan, tentang pengorbanan dan tentang cinta pada keluarga. Tere liye mampu menggambarkan bagaimana “cinta yang sesungguhnya” melalui Ka Laisa, Ika nuri, wibisana, yashinta dan mamak. Begitu banyak pelajaran hidup yang bisa kita petik di buku ini. Bagi yang suka baper, hati-hati, bakalan nangis bombay baca kisah mereka. Hahahaha..


6.       The Hunger games
24 peserta dari 12 distrik dalam wilayah Capitol berkumpul di wahana pertarungan yang dikendalikan oleh Capitol. Tujuannya hanya dua: di bunuh atau membunuh hingga menyisakan satu pemenang. Ketika adiknya terpilih mengikuti The hunger games melalui pengundian, katnis mengajukan diri untuk menggantikan, dan dimulailah pertarungan yang tak pernah dilupakan Capitol. Wah! Tentu saja buku ini harus masuk daftar karena disajikan dengan petualangan yang begitu detail dan memukau.

7.       Tuhan, maaf kami sedang sibuk
Membaca buku karya Rifai rif’an ini mengajak kita untuk bercermin kembali pada apa yang diberikan Tuhan dan apa yang kita berikan sebagai feedback, belajar untuk bersyukur dan kembali pada-Nya. Pokok’e buku ini wajib buat kalian baca!

8.       Joker!
Valian budi mampu bermain-main dengan tokoh yang ia ciptakan. Dibuka dengan bab yang menohok untuk membuat pembaca penasaran dan dengan ending yang “complicated” membuka semua teka-teki di sepanjang jalan cerita. Joker adalah lelucon dibalik duka, batu yang justru yang berada dibalik udang. Ga semua yang tampak seperti yang terlihat, gak semua yang bunyi seperti yang terdengar. Hanya diri kita sendiri yang tau bagaimana kita, diluar adalah topeng. Ngena banget ini buku coeq!

Nah itu dulu, sebenarnya masih banyak buku yang tak bisa saya sebutkan karena capek juga ngetik bro (lagi males), dan satu, jika kalian bertanya kenapa kebanyakan novel dari deretan diatas,  alasannya adalah buku-buku nonfiksi memang sering tak begitu nampol dan menempel di alam bawah sadar saya (..apaan?) oke gan, see you again!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar